Sabtu, 23 Mei 2009

sikap sporty dalam dunia kerja

Ada beberapa sikap yang harus lakukan dalam menghadapi kompetisi dalam kantor, simak berikut ini. Dalam suatu kompetisi jelas harus ada yang kalah dan menang. Seandainya terdapat skor yang sama pasti tetap ada yang lebih unggul. Untuk menjadi unggul anda harus mengetahui aturan permainan di kantor. Pahami konsep permainan di perusahaan baik yang tertulis maupun tidak. Lalu jalankan konsep tersebut dengan cara yang sportif.

1. Jika anda ingin memenangkan kompetisi maka anda harus menjadi seorang individu yang tahan banting. Dalam hal ini sikap pasrah tidak diperlukan untuk memenangkan kompetisi. Karena mereka yang cenderung pasrah tidak memiliki semangat juang untuk menjadi pemenang. Anda pun harus mampu berkompetisi secara sehat tanpa harus berkhianat kepada teman.

2. Saat anda berada di tengah persaingan yang cukup ketat maka anda harus bisa bekerjasama. Janganlah anda ragu membantu teman yang sedang mengalami kesulitan. Keluwesan anda dalam bekerjasama akan mendapat nilai plus di mata atasan dan rekan kantor. Hal ini lebih baik anda lakukan daripada anda bekerja secara pribadi dan sibuk menonjolkan kemampuan diri anda sendiri.

3. Cobalah anda saling menghormati dan toleransi terhadap sesama rekan sekerja. Karena sikap ini merupakan penghargaan terhadap segala bentuk perbedaan termasuk kekuatan dan kelemahan. Sikap ini akan menumbuhkan sikap sportif dalam diri anda dan juga mengajarkan orang lain memiliki sikap sportif.

4. Jangan pernah anda merasa malu mengakui kesalahan diri anda sendiri. Jangan pernah sekalipun mencari penyebab kegagalan pada diri orang lain, lingkungan atau faktor eksternal lainnya. Bila anda mengalami kegagalan mulailah mencari penyebabnya dari dalam diri anda sendiri. Lalu anda harus berusaha memperbaikinya.

5. Terima keberhasilan orang lain dengan ketulusan hati atau lapang dada. Jika anda bisa menerima keberhasilan orang lain maka jadikan sebagai cambuk untuk lebih maju. Cobalah anda berikan pujian yang tulus dan wajar pada rekan yang memang sudah meraih kesuksesan. Jangan pernah melontarkan pujian hanya sebagai topeng pergaulan di balik sikap iri hati anda.

6. Yang perlu anda ingat adalah kemenangan yang anda raih akan terasa lebih indah bila anda mampu meraihnya secara sportif. Dengan begitu anda akan lebih siap menerima kemenangan tanpa membuat anda besar kepala atau sombong. Atau bila anda mengalami kegagalan maka anda bisa menerimanya dengan lapang dada tanpa ada rasa iri dan frustasi.

Semoga sukses...

0 Comments: